/**Begin Google Analytics**/ /** End Google Analytics**/

“Kata kunci gender adalah setara dan adil. Setara berarti kesamaan kondisi bagi kelompok masyarakat untuk kesempatan dan hak sebagai manusia agar mampu berperan dan berpartisipasi serta menikmati pembangunan sedangkan adil berarti proses dan perlakuan bagi kelompok masyarakat yang ditangani dengan tidak adanya perbaikan peran, beban ganda, sub ordinasi, marginalisasi terhadap salah satu pihak. Jika akses,partisipasi, kontrol dan manfaat atas pembangunan ini terpenuhi, maka kesetaraan dan keadilan gender telah tercapai. Empat hal tersebut merupakan indikator responsifitas gender,” kata Baby Setyawati, Staf Ahli Bidang Sosial Budaya dan Peran Masyarakat, Kementerian PUPR, dalam Workshop Pengembangan Infrastruktur dan Responsif Gender Tahun 2018, 4-6 September 2018, di The Sunan Hotel Solo.

Workshop ini turut dihadiri oleh Kepala BBWS Bengawan Solo, Charisal Akdian Manu, Tim Sekretariat PUG (Pengarusutamaan Gender) Ineke Indrarini dan para peserta yang berasal dari BBWS dan BWS di lingkungan Ditjen SDA di berbagai wilayah di Indonesia.

“Implementasi keterlibatan gender dalam kegiatan BBWS Bengawan Solo yaitu   dalam perencanaan dan konstruksi penanganan banjir Kota Solo; unit hidrologi; P3TGAI; fasilitasi pemberdayaan masyarakat; fasilitasi penguatan kelembagaan; penanganan sedimen berbasis masyarakat dan aksi bersih Waduk Cengklik dan Early Warning System,” jelas Kepala BBWS Bengawan Solo.

Dalam kegiatan ini juga menghadirkan para narasumber dengan paparan tentang PUG  (Pengarusutamaan Gender) yaitu tentang Best Practise Pengarusutamaan Gender BBWS Bengawan Solo oleh Charisal Akdian Manu dan Penyusunn Perencanaan Penganggaran Responsif Gender GAP (Gender Analysis Pathway) dan GBS (Gender Budget Statement) Sub Bidang SDA.

Kegiatan dilanjutkan dengan berkunjung ke Komunitas Peduli Sungai Poitan di Desa Jagalan, Kecamatan Karangnongko, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Semoga kegiatan ini menghasilkan output yang bermanfaat bagi pengembangan infrastruktur SDA (DATINBBWSBS/sita)