/**Begin Google Analytics**/ /** End Google Analytics**/

Pembangunan Bendungan Pidekso sangat diperlukan dalam rangka mendukung ketahanan pangan dan penyedia air baku di Kabupaten Wonogiri. Lokasi pekerjaan Bendungan Pidekso terletak di Desa Tukulrejo dan Desa Pidekso Kecamatan Giriwoyo dan Desa Sendangsari Kecamatan Batuwarno, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo bersama PT Virama Karya, PT Tata Guna Patria dan PT PP Persero melakukan Uji Model Spillway Bendungan Pidekso (31/08/2018). Spillway merupakan suatu struktur yang digunakan untuk menyediakan tempat control arus dari bendungan atau tanggul ke daerah hilir yang bermanfaat dalam mengatasi Banjir.

Uji model kali ini bertujuan untuk menyesuaikan bentuk spillway yang paling efektif akibat adanya perubahan kondisi lapangan pada daerah tumpuan dan hilir sungai asli. Dalam pertemuan kali ini dilakukan presentasi terkait Model Spillway seri 1A yang meliputi system operasi, manfaat, kelebihan dan kekurangan yang dilanjutkan dengan uji coba dilapangan. Semoga dengan adanya Uji Spillway ini dapat segera direalisasikan di lapangan, karena nantinya Bendungan Pidekso akan memiliki kapasitas tampungan 25 juta m3 ini dapat bermanfaat sebagai suplesi irigasi untuk lahan seluas 1500 ha, menaikan intensitas tanam dari 133% ke 240% dan menyediakan air baku sebanyak 300 lt/dt.