/**Begin Google Analytics**/ /** End Google Analytics**/

Dengan telah selesainya kerja bakti pembersihan Eceng Gondok di Kawasan Rawa Jombor hari ini Minggu (13/05/18) dilaksanakan Tasyakuran dan Doa Bersama Komunitas Peduli Rawa Jombor. Acara ini dihadiri oleh Bupati Klaten Sri Mulyani, Sekda Jawa Tengah Sri Puryono, Direktur OP SDA Kementerian PUPR Agung Djuhartono dan Kepala BBWS Bengawan Solo Charisal A. Manu.

Pada kesempatan kali ini juga dilaksanaan ikrar dan komitmen bersama antara komunitas, akademisi dan para pemangku kepentingan agar menjaga dan melestarikan Rawa Jombor untuk pembangunan berkelanjutan, bertekad memberdayakan sumber daya dan lingkungan untuk kesejahteraan masyarakat, serta bersedia melaksanakan penataan rawa jombor bersama pemerintah, akademisi, swasta dan pemangku kepentingan lainnya.

Kepala BBWS Bengawan Solo mengatakan pengembangan Rawa Jombor kedepannya diharapkan tidak hanya aspek pariwisata tetapi ketika sudah bersih dapat digunakan juga untuk pemenuhan air baku, “kita tata kedepan dengan satu masterplan yang sudah makro, akademisi terlibat, bidang lingkungan terlibat, semua terlibat untuk mewakili seluruh kepentingan, baik masyakart itu sendiri, baik dari aspek lingkungan, baik dari kami sendiri sebagai pihak pengelola,” ujar pria yang akrab disapa Roga ini.

Charisal juga mengatakan perlu waktu minimal 5 tahun untuk melakukan pengembangan dan penataan yang mendetail, “kalau penataan ini pasti 5 taun karena itu jangka panjang untuk mengedukasi pelaksanaan kegiatan ini, masyakarat sudah tahu mereka sudah siap untuk itu, tetapi tentu penataan untuk mereka itu perlu waktu yang panjang, tapi secara keseluruhan (perlu dipikirkan) jalan lintasnya seperti apa, bagaimana mungkin nanti ada penataan lampu-lampu warna-warni untuk malam hari dan bisa juga dibuat air mancur yang mengikuti irama musik,” kata Charisal. (DATIN BBWSBS/maw,ingga,agus)