/**Begin Google Analytics**/ /** End Google Analytics**/

Sukoharjo – Kurangnya informasi terhadap detail permasalahan sungai secara aktual merupakan alasan mendasar bagi Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo untuk mengembangkan suatu Sistem Informasi Sungai berbasis Web GIS.

Berkaca dari permasalahan tersebut BBWS Bengawan Solo menyelenggarakan sosialisasi mengenai SISUNGAI (Sistem Informasi Sungai) yang saat ini sedang dalam tahap pengembangan, rabu (11/7/18). Sosialisasi ini dipimpin oleh Heriantono Waluyadi selaku Kepala Bidang Pelaksanaan Jaringan Sumber Air (PJSA) dan dilanjutkan dengan pemaparan teknis terkait SISUNGAI oleh Yudhi Triana Dewi selaku Project Leader dari SISUNGAI.

SISUNGAI merupakan Sistem Informasi yang mengintegrasikan data sungai di BBWS Bengawan Solo, sehingga memudahkan (EASIER) penyusun rencana usulan kegiatan yang lebih tepat sasaran dan data sungai yang lebih akurat (BETTER) karena ditayangkan secara online pada website BBWS Bengawan Solo agar data dapat diakses dengan cepat (FASTER) sehingga memberikan informasi kondisi secara actual, up to date dan lebih efisien (CHEAPER).

Tujuan dari pembuatan SISUNGAI adalah untuk memberikan informasi terkait update kondisi sungai terkini, cepat dan akurat sehingga mempermudah proses pelaporan data, karena seluruh data sudah terintergritas di SISUNGAI tersebut. SISUNGAI ini juga memudahkan koordinasi terkait penyediaan data sungai dengan Direktorat Pembina di Pusat serta memudahkan pihak stakeholders untuk mendapatkan data dan menyampaikan informasi sungai dengan cepat.

Dalam SISUNGAI ini terdapat menu Peta, Rekap Sungai, Rekap Infrastruktur, Rekap Usulan Internal, Rekap Usulan Eksternal dan Rekap Usulan DIPA. SISUNGAI dapat diakses dialamat http://sda.pu.go.id/bbwsbengawansolo/sisungai/ (DATIN BBWSBS).