/**Begin Google Analytics**/ /** End Google Analytics**/

Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Klaten mengadakan Pertemuan Konsultasi Masyarakat untuk SID Pengembalian Air Tanah Untuk Air Baku Kabupaten Klaten, Senin (4/6/18). Kegiatan tersebut bertujuan melakukan diskusi tentang rencana pekerjaan.

Pertemuan diawali dengan pemaparan oleh PT Tata Cipta Utama yang menjelaskan tentang rencana pekerjaan SID Pengembalian Air Tanah Untuk Air Baku Kabupaten Klaten dan dilanjutkan dengan diskusi. Pemaparan tersebut mendapat respon dari peserta yang hadir.

Beberapa peserta mengeluhakn tentang terbengkalainya sumbur bor yang sudah ada, selain itu juga pengunaan genset biaya operasional yang terlalu tinggi dan beberapa keluhan lainnya.

Upaya pengembalian air tanah untuk air baku diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap air bersih yang bersumber baik dari air tanah maupun air baku yang semakin meningkat dan optimalisasi pemanfaatan potensi air secara terkontrol. Untuk itu diperlukan jaringan pengembalian air tanah yang meliputi pembuatan bangunan penyadap mata air, perpipaan, penampungan, dan bila perlu dapat dilakukan pemompaan.

Pertemuan diakhiri dengan membuat skoring daftar skala prioritas meliputi aspek teknis dan aspek  sosial ekonomi dan telah ditentukan lokasi desa prioritas, yaitu Desa Talun, Desa  Tlogowatu, dan Desa Kendalsari (Datin BBWS)