/**Begin Google Analytics**/ /** End Google Analytics**/

Salah satu cara dalam menjaga ekosistem sungai adalah dengan mengetahui potensi makhluk hidup yang berada di sekitarnya. Makhluk hidup yang berada di sekitar sungai bisa mendukung kelestarian sekitar sungai dan terkadang bisa dimanfaatkan dan bernilai ekonomis. Seperti di Kali Birin di Kabupaten Klaten Jawa Tengah yang banyak tumbuh Enceng Gondok (Eichhornia crassipes).

Enceng Gondok yang tumbuh di sepanjang Kali Birin merupakan jenis Enceng Gondok mini dengan tinggi kurang dari 30 cm sehingga memiliki potensi yang baik untuk diolah secara organik. Hal ini yang melatarbelakangi Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo dalam mengadakan Pelatihan Pemberdayaan Kelembagaan dalam Pengelolaan Sumber Daya Air di Balai Desa Baturan, Kecamatan Gantiwarno, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah (Sabtu 4/8/2018).

“Kita harus terbiasa menjaga dan memelihara sungai dengan cara tau apa potensi yang ada disungai tersebut sehingga sungai semakin terjaga dan kita bisa rasakan manfaatnya dikemudian hari,” ujar Nova Dorma Sirait selaku Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan BBWS Bengawan Solo dalam membuka acara pelatihan ini.

Pelatihan ini diikuti warga Desa Baturan, warga Desa Mlese, Relawan Kecamatan Gantiwarno, Komunitas Peduli Sungai se Kabupaten Klaten dan di damping oleh KKN angkatan 96 kelompok 267 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Narasumber dalam pelatihan ini adalah Puji Heru Sulistyono yang berasal dari Lembaga Pendidikan Pelatihan Penelitian dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (LP4LH) yang memberikan materi tentang reaktor cacing. Pelatihan ini diawali dengan penjelasan materi tentang bagaimana proses sampah organik bisa menjadi reaktor cacing dan dilanjutkan dengan praktik langsung dilapangan.

“Sampah merupakan hal yang kita keluarkan setiap hari jadi, manajemen sampah yang baik itu perlu agar nantinya tidak terurai begitu saja” Ungkap Puji.

Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo berharap dengan diadakannya pelatihan ini dapat menginformasikan dan mengedukasi masyarakat sekitar Kali Birin tentang potensi Enceng Gondok yang dapat digunakan untuk Reaktor Cacing sehingga keberadaan Enceng Gondok di Kali Birin dapat menjaga kelestarian Kali Birin (DATIN BBWSBS/sita).