/**Begin Google Analytics**/ /** End Google Analytics**/

Sidang Komisi TKPSDA WS Bengawan Solo

Tim Koordinasi Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Sungai Bengawan Solo melaksanakan Sidang Komisi di Hotel The Alana Solo, Rabu (21/02/18). Pada sidang kali ini Komisi Pengendalian Daya Rusak Air dan SIH3 membahas materi terkait Sistem Informasi Hidrologi, Hidrometeorologi dan Hidrogeologi, selaku narasumber dari Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air Dan Penataan Ruang Provinsi  Jawa Tengah dan Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Dan Tata Ruang Provinsi Jawa Timur.

Pada sidang Komisi Pendayagunaan Sumber Daya Air membahas mengenai Rehabilitasi Jaringan Irigasi DI. Pacal, selaku narasumber Isgiyanto Kepala Bidang Pelaksanaan Jaringan Pemanfaatan Air Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo.

Sedangkan pada sidang Komisi Konservasi Sumber Daya Air dan Pemberdayaan Masyarakat membahas mengenai konservasi hutan dan lahan yang sudah dilaksanakan pada tahun 2017 dan dinamika pertambangan yang ada di Provinsi Jawa Tengah.

Kunjungan Komisi C DPRD Kabupaten Lamongan

Anggota Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Lamongan beserta Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Lamongan melaksanakan kunjungan ke Kantor Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo, Rabu (21/2/18).

Rombongan diterima oleh Kepala Bagian Tata Usaha Budi Sucahyono beserta para pejabat Eselon III dan pejabat Kesatkeran. Koordinasi kali ini dilaksanakan terkait penanganan Drainase Bengawan Jero, Rehabilitasi Daerah Irigasi Gondang, Daerah Irigasi Prijetan serta rencana pengendalian banjir Kali Blawi di Kabupaten Lamongan.

Peninjauan Lapangan Dinas LHK Provinsi Jateng

Dalam rangka menindaklanjuti proses Amdal rencana kegiatan pembangunan Waduk Jlantah di Kabupaten Karanganyar, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah bersama Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo melaksanakan peninjauan lapangan kamis (15/02/18).

Dari hasil peninjauan lapangan dapat disimpulkan beberapa hal antara lain, pada prinsipnya Dinas LHK Provinis Jawa Tengah sangat mendukung adanya pembangunan Bendungan Jlantah di Kabupaten Karanganyar, perbaikan dokumen Amdal yang telah disusun oleh Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo agar diberikan ke Dinas LHK Provinsi Jawa Tengah supaya dapat ditindaklanjuti sehingga persetujuan ijinnya segera didapat, selanjutnya untuk kegiatan sosialisasi agar segera dilakukan karena sesuai jadwal yakni di bulan Maret akan dilaksanakan lelang konstruktsinya.

Kunjungan Komisi IV DPRD Kabupaten Ngawi

Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Ngawi bersama Kepala Dinas PU Kabupaten Ngawi melaksanakan kunjungan lapangan ke Embung Manisharjo, Kamis (15/02/18).

Pada kunjungan kali ini Komisi IV DPRD Kabupaten Ngawi mengharapkan agar pemanfaatan Embung Manisharjo yang merupakan tampungan air baku ini dapat ditambah untuk pariwisata serta pengairan irigasi, karena saat ini petani sekitar hanya dapat menanam padi pada saat Musim Tanam I , sehingga pada saat Musim Tanam II & Musim Tanam III dapat terairi dan diharapkan dapat meningkatkan produksi padi Kabupaten Ngawi yang juga merupakan lumbung pake ke-4 di Provinsi Jawa Timur.

Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo yang kali ini diwakili oleh PPK Pengelolaan Air Baku Aditya S. Waskito mengatakan bahwa pada prinsipnya apabila fungsi utama pembangunan suatu infrastruktur telah terpenuhi, tidak apa-apa bila akan dimanfaatkan untuk lainnya, namun perlu dilakukan koordinasi lebih lanjut untuk pelaksanaannya.

Lokasi Embung Manisharjo terletak di Desa Manisharjo, Kecamatan Ngrambe dan Desa Sumbersari, Kecamatan Sine. Embung yang merupakan tampungan air baku ini memiliki volume tampungan 120.000 m3 dengan luas genangan 10.450 m2.

Penandatanganan Kontrak di SNVT PJSA dan Satker OP SDA

Kamis, 15 Februari 2018 BBWS Bengawan Solo dalam hal ini SNVT PJSA melaksanakan acara penandatanganan kontrak 4 (empat) paket pekerjaan konstruksi dan supervisi untuk Tahun Anggaran 2018. Adapun penanggung jawab dari paket-paket pekerjaan tersebut adalah PPK Sungai dan Pantai II dengan wilayah studi Sungai Bengawan Solo bagian hilir yaitu di Kabupaten Lamongan.

Selain SNVT PJSA, dari Satker O&P juga melaksanakan penandatanganan kontrak untuk 7 (tujuh) pekerjaan kontraktual Tahun Anggaran 2018. Acara dibuka oleh Kepala Bidang O&P dengan memperkenalkan Penyedia Jasa yang terpilih kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan Kontrak dari 11 (sebelas) paket pekerjaan.

Kepala Balai dalam pengarahannya menegaskan bahwa apabila dalam pelaksanaan pekerjaan ditemui permasalahan terutama permasalahan sosial agar segera dilakukan pemetaan permasalahan dan secepatnya disampaikan ke Pengguna Jasa untuk dapat didiskusikan penyelesaiannya agar tidak berlarut-larut dan menghambat pekerjaan.

Selain itu diharapkan agar para Penyedia Jasa segera mengkomunikasikan keterlambatan yang ditemui, salah satunya adalah dengan melakukan pengecekan jadwal pekerjaan, jadwal personil dan material serta hal-hal yang dapat menghambat pekerjaan.

Harapan dari kita semua agar pekerjaan di tahun 2018 ini dapat berjalan dengan lancar dan tidak mengalami hambatan yang berarti sehingga kesuksesan tidak hanya milik Instansi tetapi juga milik kita bersama dalam membangun infrastruktur negara.

Koordinasi Dengan Bupati Magetan

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo Charisal A. Manu beserta para pejabat eselon III dan pejabat kesatkeran melaksanakan kunjungan ke Bupati Magetan H. KRA Sumantri Noto Adinagoro, Senin (12/2/2018).

Pada kunjungan kali ini Charisal menyampaikan beberapa program kegiatan yang akan dilaksanakan di wilayah Kabupaten Magetan terutama mengenai kesiapan lahan untuk pembangunan Embung di Desa Bali Gondo dan Desa Pendem.

Rapat Koordinasi BBWS Bengawan Solo

Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo hari ini (8/2/18) melaksanakan Rapat Koordinasi bertempat di Ruang Sidang Bengawan Solo. Rapat Koordinasi ini di hadiri oleh seluruh pejabat baik struktural maupun kesatkeran, pada rakor kali ini dibahas mengenai progres pekerjaan tahun anggaran 2018.

Pembangunan Pintu Air Demangan Baru

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Melalui Balai Besar Wilyah Sungai Bengawan Solo akan melaksanakan pembangunan Pintu Air Demangan Baru di Kota Surakarta. Hal ini disampaikan oleh kepala Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo, Charisal A. Manu saat mendampingi kunjungan kerja spesifik Komisi V DPR RI yang didampingi oleh Direktur Pengembangan Jaringan SDA, Trisasongko Widianto dan Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo , Selasa (6/2/18).

Pintu Air Demangan sangat penting dalam pengendalian banjir Kali Pepe maupun dalam sistem pengendalian banjir Sungai Bengawan Solo di Kota Surakarta, baik dalam hal pengaturan ketinggian muka air maupun dalam hal penampungan air sementara di saat banjir. Selain itu, umur struktur bangunan pintu air lama yang telah mecapai 100 tahun (dibangun tahun 1918) dan kemampuan pompa lama sudah berkurang kinerjanya. Maka diperlukan upaya optimalisasi Pintu Air Demangan, termasuk meningkatkatkan kapasitas tampungan sementara berupa long storage menjadi sekitar 300.000 m3.

Kita harapkan Pintu Air dan Rumah Pompa Demangan baru ini selesai pada tahun 2020, sehingga dengan debit kala ulang 50 tahunan akan terbebas dari Banjir, ujar Charisal.

Lokasi pembangunan Pintu Air Demangan baru ini direncanakan berada di Kelurahan Sewu, Kecamatan Jebres dan Kelurahan Sangkrah, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta.

Penanganan Pergerusan Tebing Kali Dengkeng

Balai Besar Wilyah Sungai Bengawan Solo akan melaksanakan penangan pergerusan tebing Kali Dengkeng di Hulu Sungai Bengawan Solo, hal ini disampaikan oleh Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo, Charisal A. Manu saat melaksanakan inspeksi lapangan bersama Bupati Klaten Sri Mulyani, Jumat (2/2/18).

Pelaksanaan penangan ini rencananya akan dilaksanakan pada bulan Maret/April dibeberapa titik, seperti Desa Jotangan dan Desa Wiro di Kecamatan Bayat serta Dusun Sempu di Kecamatan cawas. Walaupun penaganan ini hanya pada beberapa titik, Charisal mengatakan pengelolaan sungai harus tetap dilakasanakan secara kesulurahan, oleh karenanya Charisal mengajak perlahan-lahan peran serta masyarakat dan komunitas peduli sungai yang telah teredukasi demi sungai yang lestari kedepannya.

BBWS Bengawan Solo Dukung Penanganan Kawasan Rawa Jombor

Balai Besar Wilyah Sungai Bengawan Solo, siap mendukung rencana penataan kembali kawasan Rawa Jombor yang akan dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Klaten, hal ini disampaikan oleh Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo, Charisal A. Manu saat melaksanakan inspeksi lapangan bersama Bupati Klaten Sri Mulyani ke Rawa Jombor di Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Jumat (2/2/18).

Untuk penanganan jangka pendek Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan solo akan memfasilitasi membersihkan tumbuhan enceng gondok dengan mengerahkan eksavator kelokasi. Charisal mengharapkan dengan dibersihkanya eceng gondok akan terlihat air yang lebih bersih dan akan lebih banyak menarik wisatawan, karena nilai terbesar agar ekonomi berputar itu wisata yang dikelola, dengan dampak demikian pendapatan meningkat dan infrastukrtur dapat terkelola karena anggaran akan tersedia untuk itu.